Jamur

Jamur Lendir ( Myxomycota )

Disebut jamur lendir karena bentuknya menyerupai lendir yang sering terdapat pada sampah kayu lapuk, atau pada serasah daun di hutan. Lendir tersebut merupakan protoplasma tanpa dinidng sel. Jika sudah cukup tua, dari lendir tersebut muncul bentukan menjulur ke atas, membentuk spora. Spora dapat tersebar oleh angin dan jika sampai ke tempat sesuai akan tumbuh menjadi jamur lendir baru.

Jamur Air ( Oomycota )

Disebut jamur air karena hidup di air, misal di tubuh serangga yang tergenang air. Letakkan seekor serangga ( lalat, belalang ) di dalam gelas berisi air dan simpan. Tiga sampai lima hari akan muncul bentukan seperti serabut kapas dari serangga tersebut. Jamur ini membentuk spora kembara ( zoospora ). Contohnya saprolegnia.

Ciri – ciri Jamur

Jamur ( fungi ) termasuk makhluk hidup eukariot yang tidak berklorofil. Ciri khas lainnya adalah dinding sel jamur tarsusun atas zat kitin. Kitin adalah zat pada kulit udang dan kepiting. Tubuhnya terdiri dari satu sel atau berbentuk benang yang disebut hifa. Jamur tidak berfotosintesis, sehingga jamur mengambil makanan dari lingkungannya ( heterotrof ).

Jamur hidup secara saprofit atau parasit. Yang hidup secara saprofit banyak dijumpai di atas tanah, kayu lapuk, atau bingkai binatang. Contoh jamur saprofit adalah jamur kayu, jamur kuping, jamur merang, dan jamur karat. Jamur yang hidup parasit misalnya jamur panu yang hidup parasit pada kulit manusia.

Tubuh jamur yang terdiri dari satu sel misalnya jamur ragi ( khamir ), contohnya saccharomyces. Jamur tempe ( rhizopus ) atau jamur oncom ( neurospora ) mempunyai hifa. Hifa jamur tempe atau oncom tampak seperi serabut kapas. Hifa tumbuh bercabang – cabang membentuk anyaman yang disebut miselium. Tubuh jamur terdiri dari kumpulan miselium. Bentuk tubuh jamur bermacam – macam. Jamur yang berbentuk seperti payung misalnya jamur merang, sedangkan jamur yang berbentuk lembaran misalnya jamur kuping.

Perkembangbiakkan Jmur

Cara perkembangbiakan jamur dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu secara aseksual ( vegetatif ) dan secara seksual ( generatif ).

  1. Perkembangbiakan aseksual adalah perkembangbiakan tanpa adanya pertemuan sel kelamin jantan dan betina. Caranya dengan membentuk spora, bertunas, atau fragmentasi hifa. Jamur memiliki kotak spora yang disebut sporangium. Di dalam sporangium terdapat spora. Contoh jamur yang membentuk spora adalah rhizopus. Contoh jamur yang membentuk tunas adalah saccharomyces. Hifa jamur dapat terputus dan setiap fragmen dapat tumbuh menjadi hifa baru.
  2. Perkembangbiakan seksual terjadi dengan meleburnya dua hifa dari jamur berbeda untuk membentuk zigot. Zigot tumbuh menjadi tubuh buah.

Klasifikasi Jamur

Jamur dapat diklasifikasikan berdasarkan hifa dan alat reproduksinya. Jamur dibedakan menjadi empat subdivisi, yaitu zygomycota, ascomycota, basidiomycota dan deuteromycota. Saat ini masih terdapat jamur yang belum diketahui cara reproduksi seksualnya. Jamur yang demikian dikelompokkan dalam subdivisi deuteromycota yang berarti jamur tak tentu.

Subdivisi Zygomycota ( Jamur Zigot )

Jamur tempe rhizopus merupakan contoh jamur subdivisi zygomycota. Hifa jamur ini bersekat melintang. Jika tempe disimpan beberapa hari, dari hifa jamur tampak serbuk berwarna kehitaman. Serbuk tersebut adalah spora jamur yang keluar dari kotak spora. Spora tersebut dapat tumbuh menjadi hifa baru.

Contoh yang lain adalah mikroriza, yaitu jamur yang hidup bersimbiosis mutualisme dengan akar tanaman tingkat tinggi.

Subdivisi Ascomycota ( Jamur Askus )

Ascomycota disebut juga jamur kantong. Jamur ini dapat berkembang biak secara aseksual dan seksual. Ascomycota menghasilkan spora sebagai hasil dari perkembangbiakkan seksual. Spora terdapat di dalam askus yang menyerupai kantong. Di dalam kantong terdapat 8 spora.

Ascomycota dapat ditemukan pada makanan yang busuk. Warnanya dapat merah, cokelat, atau hijau. Ascomycota dapat mengakibatkan penyakit tanaman, misalnya pada kacang, stroberi, dan apel.

Pada manusia dan hewan lainnya, ascomycota dapat mengakibatkan penyakit kaki atlet dan infeksi mulut.

Ada pula ascomycota yang digunakan untuk industri kecap dan tahu.

Contoh ascomycota :

  1. Neurospora crassa : jamur oncom digunakan untuk membuat oncom.
  2. Saccharomyces cerevisiae : ragi, dimanfaatkan untuk membuat roti, tape, dan bir.

Subdivisi Basidiomycota ( Jamur Basidium )

Jamur merang, jamur kuping, dan jamur kayu merupakan contoh dari jamur subdivisi basidiomycota. Jamur basidiomycota umumnya berukuran makroskopik ( dapat dilihat dengan mata ). Bentuk jamur ada yang seperti payung atau tudung. Di sebelah dalam payung terdapat “sisir” atau “bilah” yang mengandung basidium. Spora ( basidiospora ) yang jumlahnya empat berada di luar basidium. Spora dapat disebarkan angin dan jika jatuh di tempat yang sesuai akan tumbuh menjadi hifa baru. Hifanya bersekat melintang.

Jamur basidiomycota terdiri dari kumpulan benang miselium yang berkelompok membentuk tubuh jamur. Tubuh jamur berupa tubuh buah, sebagai hasil perkembangan dari zigot. Zigot dihasilkan oleh perkawinan antara hifa positif dan negatif. Tubuh buah menghasilkan spora/ spora terdapat pada basidium.

Subdivisi Deuteromycota

Jamur panu ( tinea versicolor ) tergolong deuteromycota. Subdivisi ini sebenarnya bukan merupakan subdivisi sesungguhnya, tetapi hanya merupakan kelompok sementara. Jika kemudian diketahui perkembangbiakan seksualnya, maka jamur tersebut dikeluarkan dari deuteromycota dan dimasukkan ke salah satu subdivisi yang ada.

Sebagai contoh, jamur oncom dahulu dimasukkan deuteromycota dengan nama monilia sitophyla. Jamur ini jika diamati dengan mikroskop tampak seperti untaian kalung ( monel ). Jamur ini berwarna jingga. Kemudian, Dwidjoseputro, salah seorang peneliti dari Malang, meneliti dan menemukan bahwa jamur ini mampu berkembang biak secara seksual dan menghasilkan askus. Karenanya, jamur tersebut dikeluarkan dari deuteromycota dan dimasukkan ke ascomycota dengan nama baru neurospora sitophyla atau neurospora crassa.

Kerajaan Tumbuhan

Kerajaan tumbuhan dibedakan atas tumbuhan tak berpembuluh angkut dan tumbuhan berpembuluh angkut. Pembuluh angkut adalah jaringan yang berfungsi mengalirkan makanan dari akar ke daun atau dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Tumbuhan yang tergolong tumbuhan tak berpembuluh angkut adalah divisi lumut ( bryophyta ). Sedangkan yang tergolong tumbuhan berpembuluh angkut adalah divisi tracheophyta.

Tumbuhan Tak Berpembuluh Angkut

Tumbuhan tak berpembuluh angkut adalah tumbuhan yang tidak memiliki jaringan pengangkut khusus untuk mengalirkan air, mineral, dan makanan ke jaringan lain. Yang tergolong tumbuhan tak berpembuluh angkut adalah lumut.

Divisi Lumut ( Bryophyta )

Ciri – ciri Lumut

Lumut tidak memiliki akar sejati, tetapi mempunyai akar semu atau rizoid. Lumut dapat dijumpai dilingkungan sekitar kita. Misalnya di atas tebing, kulit kayu, tembok basah, dan di atas pohon. Koloni lumut ada yang seperti beledu hijau menempel pada tanah atau tebing, ada yang seperti lembaran daun, ada yang seperti panu pada kulit pohon, ada pula yang bergelantungan dari atas pohon.

Contoh lumut yang koloninya berbentuk seperti beledu hijau adalah polytrichum, termasuk lumut sejati. Sedangkan di tebing – tebing banyak dijumpai talus lumut berbentuk lembaran pipih seperti daun, yang disebut lumut hati, misalnya marchantia.

Perkembangbiakan Lumut

Lumut berkembangbiak dengan dua cara, yaitu secara aseksual dan seksual. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan melalui fragmentasi dan pembentukan tunas. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan melalui peleburan gamet jantan dan betina.

Dalam perkembangbiakan lumut terjadi pergiliran keturunan sebagai berikut. Spora berkecambah membentuk protonema. Protonema tumbuh menjadi gametofit ( tumbuhan penghasil gamet ) jantan atau betina. Lumut jantan mempunyai anteridium, sedangkan lumut betina mempunyai arkegonium. Anteridium menghasilkan sel sperma, sedangkan arkegonium menghasilkan sel telur. Sperma tersebut mempunyai flagela dan bergerak menuju ovum dengan perantara air, misalnya air hujan. Peleburan sel telur dan sperma menghasilkan zigot. Zigot membelah dan berkembang menjadi sporofit. ( tumbuhan penghasil spora ). Sporofit terdiri atas kaki, tangkai, dan sporangium. Sporangium menghasilkan spora dan kemudian siklus kembali terulang.

Klasifikasi Lumut

Divisi lumut ( bryophyta ) dibedakan menjadi 3 kelas, yaitu :

  1. Kelas lumut hati ( hepaticopsida ), misalnya marchantia yang berbentuk lembaran – lembaran
  2. Kelas lumtu tanduk ( antocerotopsida ), misalnya anthoceros
  3. Kelas lumut sejati ( bryopsida ), misalnya polytrichum yang berbentuk beledu hijau dan sphagnum yang hidup di pohon. Sphagnum dikenal sebagai moss.

Tumbuhan Berpembuluh Angkut

Tumbuhan berpembuluh angkut ( divisi tracheophyta ) adalah tumbuhan yang memiliki jaringan pengangkut khusus. Jaringan pengangkut itu berbentuk pembuluh ( pipa ). Berdasarkan fungsinya, jaringan pengangkut dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembuluh kayu ( xilem ) dan pembuluh tapis ( floem ). Xilem adalah jaringan pembuluh yang berfungsi mengangkut air dan mineral dari akar ke daun. Sedangkan floem berfungsi mengangkut bahan makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan yang memerlukannya. Tumbuhan pembuluh angkut merupakan ciri khas tumbuhan darat.

Divisi tracheophyta dibedakan menjadi subdivisi pteridophyta ( tumbuhan paku ) dan spermatophyta ( tumbuhan biji ). Tumbuhan biji dibedakan menjadi gymnospermae ( tumbuhan biji terbuka ) dan angiospermae ( tumbuhan biji tertutup ).

Tumbuhan Paku ( Pteridophyta )

Tumbuhan paku hidup di habitat yang lembab, baik di tanah, batu, di tepi sungai atau di pohon. Contoh paku yang hidup di tanah basah adalah semanggi ( marsilea crenata ), sedangkan contoh yang hidup di air adalah kayu apu ( azolla pinnata ). Ada pula paku yang hidup menempel di pohon. Misalnya simbar menjangan dan picisan. Di pegunungan terdapat paku yang berbentuk seperti pohon palem yaitu alsophilla. Batangnya dapat digunakan sebagai tempat unutk memelihara anggrek.

Ciri – ciri Tumbuhan Paku

Ciri utama tumbuhan paku adalah daun yang muda menggulung. Di permukaan bawah daun terdapat bintik berwarna cokelat tua yang disebut sorus. Daun tumbuhan paku yang mempunyai sorus disebut daun fertil ( subur ) atau sporofil. Sebaliknya, daunyang tidak mempunyai sorus disebut daun steril ( mandul ).

Batang tumbuhan paku umunya tumbuh di bawah tanah. Akan tetapi ada juga yang batangnya tumbuh di atas tanah, misalnya paku pohon.

Tumbuhan paku memiliki akar, batang, dan daun sejati. Ikatan pembuluhnya berupa xilem dan floem. Ikatan pembuluh terdapat pada akar, batang, dan daun. Di daun, ikatan pembuluh tampak sebagai tulang – tulang daun.

Perkembangbiakan Tumbuhan Paku

Perkembangbiakan terjadi secara aseksual dan seksual secara bergiliran. Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan menghasilkan spora. Spora dihasilkan didalam kotak spora ( sporangium ). Kotak spora terkumpul di dalam wadah yang disebut sorus.

Spora dihasilkan oleh fase tumbuhan paku. Karena itu tumbuhan paku disebut fase sporofit. Jika jatuh di tempat lembab, spora tumbuh menjadi protalium berbentuk lembaran seperti bentuk jantung. Protalium mempunyai klorofil dan berukuran 3 cm sampai 5 cm. Protalium menghasilkan anteridium dan arkegonium yang emnghasilkan sel gamet. Karena itu protalium disebut fase gametofit. Anteridium menghasilkan sperma, sedangkan arkegonium menghasilkan ovum. Pertemuan sperma dan ovum menghasilkan zigot. Zigot tumbuh menjadi tumbuhan paku baru. Tumbuhan paku akan menghasilkan spora, demikian seterusnya daur akan berulang.

14 Tanggapan

  1. thanks y atas infox…….

  2. tolong informasinya perkembangbiakan jamur tiram ya pak?mhn dikrim di emil sy..makasih

  3. Mohon ijin artikel anda saya copy untuk bahan mengajar semoga menjadi amal sholej. amin.
    Salam

    Mochtar Gayo

  4. maksudnya bukan ituuuuuuuuuuu……….

  5. makasih banyak ya pak info nya . kalo ada info lain tentang biologi atau ilmu lain kirim ke email saya .. makasih ya

  6. Have you ever wanted to burn calories easily? Do you not have enough time in the day? Well now burning them is easy with my new eBook! Simply download the book below and enjoy. It’s completely free too. I hope you all enjoy! Minecraft pre-release 5

  7. makasih ilmunya, kunjungi juga vlog saya yaaaa, makasih :)

  8. Bursa Properti – Properti Di Jual äîõîä.

  9. - Buy Targetted Visitors.

  10. Acquire Treatment Online with Lowest Value! No Health professional prescribed Required, Quickly Overnight Shipping and delivery, Comprehensive Privacy, Discreet Un-tampered with Packages.On-line Pharmacy gives you access to prescribed drugs, wellbeing information and medical treatment from a pharmacy and pharmacy nameTramadol 50 mgWeb-rx U.S. Licensed Pharmacies first Stop Pharmaceuticals Tramadol | Soma | Ultram | Fioricet

  11. wah, terima kasih atas infonya.. #bow 90 derajat
    ini benar2 membantu sekali untuk tugas saya!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: